Sabtu, 09 Juli 2011

tutorial visual foxpro 9.0


         VIsual Foxpro

         Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan “Visual”.
Versi terakhir FoxPro (9.0) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi “Visual” pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac OS dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakan bahawa mereka tidak berniat untuk mencipta versi Microsoft .NET.
Visual FoxPro adalah data-centric berorientasi objek dan bahasa pemrograman prosedural yang diproduksi oleh Microsoft. Hal ini berasal dari FoxPro (awalnya dikenal sebagai FoxBASE) yang dikembangkan oleh Fox Software dimulai pada tahun 1984. Fox Teknologi bergabung dengan Microsoft pada tahun 1992, setelah mana perangkat lunak mengakuisisi fitur lebih lanjut dan awalan “Visual”. Versi terakhir FoxPro (2.6) bekerja pada Mac OS, DOS, Windows, dan Unix: Visual FoxPro 3.0, yang pertama “Visual” versi, mengurangi dukungan platform untuk Mac dan Windows, dan versi adalah Windows-saja. Versi saat ini dari Visual FoxPro adalah berbasis COM dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk membuat Microsoft NET versi..
FoxPro berasal sebagai anggota kelas bahasa sering disebut sebagai bahasa “xBase”, yang memiliki sintaks berdasarkan bahasa pemrograman dBase. Anggota lain dari keluarga bahasa xBase termasuk Clipper dan Recital. (Sebuah sejarah tahun-tahun awal xBase dapat ditemukan di artikel dBase.)
Visual FoxPro, biasa disingkat VFP, terintegrasi dengan mesin database sendiri relasional, yang memperluas kemampuan xBase FoxPro untuk mendukung SQL query dan manipulasi data. Tidak seperti sistem database yang paling manajemen, Visual FoxPro adalah fitur lengkap, bahasa pemrograman dinamis yang tidak memerlukan penggunaan lingkungan tujuan umum pemrograman tambahan. Hal ini dapat digunakan untuk menulis tidak hanya tradisional “klien lemak” aplikasi, tetapi juga aplikasi middleware dan web.
sejarah Terakhir
Pada akhir tahun 2002, itu menunjukkan bahwa Visual FoxPro dapat dijalankan di Linux bawah suite Wine kompatibilitas Windows. Pada tahun 2003, hal ini menyebabkan keluhan oleh Microsoft:. Itu mengklaim bahwa penyebaran kode FoxPro runtime di non-Windows mesin melanggar Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir [1]
Pada bulan Desember 2005, VFP masuk ke 20 besar pada indeks TIOBE [2] untuk pertama kalinya. Pada bulan Maret 2007 itu pada posisi 19, sehingga “B” bahasa. Pada Agustus, 2010, VFP (dikombinasikan dengan xBase) berada pada posisi 25.
Pada bulan Maret 2007, Microsoft mengumumkan bahwa tidak akan ada VFP 10 [3], sehingga membuat VFP9 (dirilis untuk manufaktur pada tanggal 17 Desember 2004) komersial terakhir VFP rilis dari Microsoft. Dukungan dari Versi 9 sedang berlangsung dengan paket layanan yang dirilis 8 Desember 2005 dan 11 Oktober 2007.
Pada saat akhir pengumuman hidup, bekerja pada rilis berikutnya CODEC Sedna (dinamai planet kerdil baru ditemukan) yang dibangun di atas basis kode VFP9 sudah dimulai. “Sedna” adalah seperangkat add-ons untuk VFP 9.0 komponen xBase untuk mendukung sejumlah skenario interoperabilitas dengan berbagai teknologi Microsoft termasuk SQL, Server 2005. NET Framework, Windows Vista, Office 2007, Windows Cari dan Team Foundation Server (TFS ). Microsoft merilis Sedna bawah lisensi sumber Bersama di situs CodePlex. Microsoft telah menjelaskan bahwa inti VFP masih akan tetap closed source. Sedna dirilis pada 25 Januari, 2008 [4]. Pada Maret 2008, semua komponen xBase dari VFP 9 SP2 (termasuk Sedna) yang tersedia untuk pembangunan masyarakat di CodePlex.
Pada akhir Maret 2007 kampanye akar rumput dimulai oleh komunitas FoxPro berbahasa Spanyol di MasFoxPro [5] (“MoreFoxPro” dalam bahasa Inggris) untuk menandatangani sebuah petisi kepada Microsoft untuk terus mengupdate Visual FoxPro atau melepaskan ke masyarakat sebagai Open Source. Pada April 3, 2007 gerakan itu dicatat oleh pers teknis [6]
Juga pada tanggal 3 April 2007 Microsoft menanggapi permintaan pemohon dengan pernyataan dari Alan Griver:
“Kami sangat menyadari masyarakat FoxPro dan yang memainkan peranan besar dalam apa yang kita diumumkan pada 13 Maret Tidak pernah keputusan yang mudah untuk mengumumkan bahwa kita tidak akan merilis versi lain dari produk dan. Itu salah satu yang kami anggap sangat hati-hati.
“Kami tidak mengumumkan akhir FoxPro: Jelas, aplikasi FoxPro akan terus bekerja Dengan beberapa perkiraan internal kami, ada lebih banyak aplikasi berjalan dalam FoxPro 2.6 daripada ada di VFP dan FoxPro 2.6 belum didukung di banyak. Visual FoxPro tahun. 9 akan didukung oleh Microsoft sampai tahun 2015.
“Untuk Microsoft untuk terus berkembang basis FoxPro, kita perlu melihat di menciptakan lingkungan pengembangan 64-bit dan yang akan melibatkan menulis ulang hampir lengkap dari produk inti. Kami juga telah diinvestasikan dalam membuat database dengan SQL Server scalable , termasuk SQL Server Express Edition yang tersedia secara bebas. Sejauh membentuk kemitraan dengan pihak ketiga yang bersangkutan, kami telah mendengar dari sejumlah pelanggan FoxPro besar bahwa ini akan membuat tidak mungkin bagi mereka untuk terus menggunakan FoxPro karena tidak lagi dari vendor disetujui. Kami merasa bahwa menempatkan lingkungan menjadi open source pada CodePlex, yang menyeimbangkan kebutuhan baik masyarakat dan pelanggan besar, adalah jalan terbaik ke depan. “
Code samples
The Foxpro language contains commands quite similar to other programming languages such as Basic. Loops include do, if, while, for, else commands in a usage easily understood by anyone familiar with other programming languages. Commands take the form of “command” “endcommand”
Some basic syntax samples:
FOR i=1 to 10 x = x + 6.5 ENDFOR IF i=25
i = i + 1 ELSE i = i + 3 ENDIF x=1 DO WHILE x < 50
x= x + 1 ENDDO
The language also has extensive database manipulation and indexing commands. The “help” index of commands in VFP 9 has several hundred commands and functions described. The examples below show how to code the creation and indexing of tables, however VFP has table and database builder screens which create the tables and indexes without making you write code.
Hello World example:
MESSAGEBOX(“Hello World”)
[edit] Object
Output of the Hello World program.
loForm = CREATEOBJECT(“HiForm”) loForm.Show(1)
DEFINE CLASS HiForm AS Form
AutoCenter = .T. Caption = “Hello, World”
ADD OBJECT lblHi as Label WITH ;
Caption = “Hello, World!” ENDDEFINE
loMine = CREATEOBJECT(“MyClass”) ? loMine.cProp1
&& This will work.
(Double-ampersand marks an end-of-line comment) ?
loMine.cProp2 && Program Error:
Property CPROP2 is not found. ? loMine.MyMethod1()
&& This will work. ?
loMine.MyMethod2()
&& Program Error: Property MYMETHOD2 is not found.
DEFINE CLASS MyClass AS Custom cProp1 = “My Property”
&& This is a public property HIDDEN cProp2
&& This is a private
(hidden) property PROCEDURE Init()
&& Class constructor
This.cProp2 = “This is a hidden property.” ENDPROC
PROCEDURE MyMethod1()
* This is a public method, calling a hidden method
that returns
* the value of a hidden property. RETURN This.MyMethod2()
ENDPROC
HIDDEN PROCEDURE MyMethod2()
&& This is a private (hidden) method
RETURN This.cProp2 ENDPROC ENDDEFINE
[edit] Data handling
Output of the Data handling program.
&& Create a table CREATE TABLE randData (iData I)
&& Populate with random data using xBase and SQL DML
commands FOR i = 1 TO 50
APPEND BLANK REPLACE iData WITH (RAND() * 100)
INSERT INTO randData (iData) VALUES (RAND() * 100) ENDFOR
&& Place a structural index on the data INDEX ON iData
TAG iData CLOSE ALL
&& Display ordered data using xBase-style commands
USE randData SET ORDER TO iData GO
TOP LIST NEXT 10 && First 10 GO BOTTOM SKIP -10 LIST REST
&& Last 10 CLOSE ALL && Browse ordered data using SQL
DML commands SELECT * ;
FROM randData ; ORDER BY iData DESCENDING
[edit] ODBC access using SQL passthrough
&& Connect to an ODBC data source LOCAL nHnd nHnd
= SQLCONNECT
(“ODBCDSN”, “user”, “pwd”)
&& Execute a SQL command LOCAL nResult nResult = SQLEXEC
(nHnd, “USE master”) IF nResult < 0 MESSAGEBOX
(“MASTER database does not exist!”) RETURN ENDIF
&& Retrieve data from the remote server and stores it in
&& a local data cursor nResult = SQLEXEC
(nHnd, “SELECT * FROM authors”, “QAUTHORS”)
&& Update a record in a remote table using parameters
PRIVATE cAuthorID, cAuthorName
cAuthorID = “1001″ cAuthorName = “New name” nResult = SQLEXEC
(nHnd, “UPDATE authors SET auth_name =
?cAuthorName WHERE auth_id = ?cAuthorID”)
&& Close the connection SQLDISCONNECT(nHnd) 

       Visual Foxpro 9.0                     
   Perkembangannya:
Dbase program foxbase foxpro Visual foxpro
 Visual Foxpro adalah pemograman yang berorientasi pada object [ object oriented
programming / OOP] juga sebagai databe management system (DBMS)
Istilah dalam Fisual foxpro :
- Project manager : untuk mengtur pengembangan integrasi dan pembuatan aplikasi.
Memudahkan pemaki mengtur dan mengorgnisasi data base, table, form laporan
dan query Selma pembuatan aplikasi
- Project : yaitu kumpulan file data, dokumen dan object yang memiliki extention
.PJX
- Database : kumpulan dari table, view dan connection dengan extention .DBC
- Table : tempat menyimpan data (extention.DBF)
- Record : gabungan dari beberapa fields
- Fields : elemen yang terkecil dari suatu data
- Items adalah elemen huruf atau angka yang terdiri dari satu buah.
* Mengoprasikan Visual foxpro
buat project baru : file, new, project wizard, ketikan nama file, ok
membuat table dari command window : create [nama table]
Append : digunakan untuk menambahkan data pada table
modify stru : digunakan untuk menambahkan atau merubah fields
use : menonaktifkan file
use [nama tabel] : mengaktifkan file
Dir : digunakan untuk melihat nama table
list : digunakan untuk melihat data di layar
browse : digunakan untuk melihat isi data dan bisa merubah isi data
delete : digunakan untuk menghapus data sementara
Delete all: semua record
Delete next [2] : dari record yang aktif sampai record yang ke n
Delete record : dari data ke berapa n
Visual Foxpro 9.0 Created By F@Y
2
Delete rest : digunakan dari record yang aktif sampai record yang
terakhir
Set delete on : digunakan untuk menyembunyikan record yang sudah dihapus
Set delete off : digunakan untuk menampilkan kembali data yang sudah dihapus
recall record : menampilkan data yang sudah dihapus
close all : menutup semua file
quit : keluar dari foxpro
pack : digunakan untuk menghilangkan record
Operasi terhadap table:
goto [record ke berapa] : di gunakan untuk pindah record
go top : digunakan untuk pindah kerecord awal
go bottom : digunakan ke akhir record
replace : mengubah/ mengganti / mengisi data secara otomatis
skip-1 : previous
skip 1 : next
1. Buat Tabel dengan Nama Lat1
Name Type Widht Index
Nim Character 6
Nama Character 15
Kelas Character 5
Alamat Character 20
2. Ubah dari field nama menjadi :
Contoh : Replace nama with “vena”
Replace all nama with “reva”
Visual Foxpro 9.0 Created By F@Y
3
3. Tambahkan satu field dengan nama jenis dengan width 10
Jika karakter pertama dari jenis adalah P maka jenis kelamin adalah Perempuan,
sebaliknya L adalah Laki-laki
Contoh :
REPLACE all jenis WITH iif(LEFT(jenis,1)="P","Perempuan","Laki-laki")
4. Tambah kan Field jurusan dengan Width 2
5. Rubahlah data pada kolom ke 4 baris ke empat menjadi jl. artavena no 5
REPLACE alamat WITH "jl. artavena no 5"
6. hapuslah data pada baris pertama dan kedua pada table lat1
7. Pada data yang sudah dihapus pada data baris yang ke satu dan yang ke dua di
sembunyikan sementara pada table lat1
8. aktifkan kembali data yang di sembunyikan setelah itu kembalikan kembali data yang
dihapus ke tidak dihapus
9. Jika nim didepan adalah ”11” maka jurusan ”KA”
Jika nim didepan adalah ”12” maka jur ”MI”
Yang lain adalah ”TK”
REPLACE ALL jurusan WITH
IIF(LEFT(nim,2)="11","KA",IIF(LEFT(nim,2)="12","MI","TK"))
10. close



Membuat Database pada Visual FoxPro

Kali ini kita akan membahas bagaimana membuat sebuah database di Visual FoxPro. Dalam Visual Foxpro, database merupakan sarana yang sangat penting dalam pengolahan data. Dengan dasar database yang baik maka pembuatan aplikasi akan menjadi lebih mudah. Untuk merancang database kita harus menentukan tabel-tabel apa saja yang diperlukan serta field-field yang deperlukan dalam setiap tabel. Kita juga harus menghubungkan antar tabelnya atau relasinya.



Langkah langkah membuat database sebagai berikut:
  1. Sebelum membuat database sebaiknya anda membuat sebuah project terlebih dahulu. Sehingga semua yang kita buat nanti akan ditaruh dalam folder yang sama. Misalkan kita membuat project penjualan. Klik menu File pilih New, akan muncul jendela "New":




















  2. Pilih "New file" dan anda akan disuruh menyimpan project terlebih dahulu.





  3. Buat Folder Baru misalkan penjualan. Ganti nama project dengan penjualan (untuk mempermudah) dan taruh dalam folder penjualan yang baru anda buat. Klik "Save". Akan muncul Jendela Project Manager
















  4. Pilih Data - Database kemudian Klik "New" dan pilih yang "New Database". Anda juga disuruh menyimpan database terlebih dahulu. Simpan di folder penjualan yang anda buat dengan nama "penjualan" juga. Akan muncul jendela"Table Designer" :




  5. Pilih Icon pada Toolbar kemudian pilih "New Table". Simpan table dengan nama misalnya "Barang"





  6. Isikan nama field dan format lainnya. Bila anda ingin membuat Primary Key pada field, terlebih dahulu pada format Index pilih Ascending pada Field yang ingin dijadikan Primary Key (bisa lebih dari satu field). Lalu klik Indexes




  7. Field-field yang diisi index akan muncul. Pilih "Primary" kemudian "OK". Akan ada konfirmasi apakah anda mau megisi data pada tabel sekarang? pilih "Yes" jika ya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar